Sejatinya sampah dan hanya 5% diolah kembali.

Published by admin on

Sejatinya dapat kita ketahui bahwapermasalahan sampah bukanlah hal yang tabu di kalangan masyarakat kala ini.

Terutama sampah plastik yang jumlah persentasenya cukup tinggi. hal tersebutterus dipermasalahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Perhutanan. Permasalahanini kian lama, kian menyesakkan kondisi lingkungan hidup kita saat ini.Kondisijumlah penduduk Indonesia yang terus memuncak menyebabkan sampah yangdiproduksipun kian meningkat. Terlebih lagi, ketika kita melihat jumlah kantongplastik yang selesai digunakan oleh masyarakat,hampir 95% tertumpuk kembalimenjadi sampah dan hanya 5% diolah kembali. oleh karena itu,pada tanggal 21Februari 2016 Menteri Lingkungan Hidup dan Perhutanan mengeluarkan uji cobakebijakan Kantong plastik berbayar. Kebijakan ini dapat menjadi salah satulangkah yang konkret dari pemerintah Indonesia dalam menangggulangi permasalahantimbunan sampah plastik yang kian lama kian marut dimasyarakat.

 A.    Tujuan Tujuandari pembahasan ini adalah menganalisis dan mengetahui penerapan kebijakankantong plastik berbayar dikalangan masyarakat yang berpengaruh terhadapkeberlangsungan kondisi lingkungan hidup saat ini dan masa mendatang. diharapkannyamelalui makalah ini, kita sebagai masyarakat yang hidup pada zaman ini ,dapat tumbuhrasa kesadaran serta kritis terhadap kemelut permasalahan sampah,terutama sampahplastik. B.      Rumusan Masalah  1.      Apaitu sampah plastik?2.      Apakahdampak dari sampah plastik bagi kesehatan dan lingkungan?3.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

      Bagaimanakondisi sampah plastik di Indonesia?4.      Bagaimanajalannya penerapan kebijakan kantong plastik berbayar di Indonesia? PRO KANTONG PLASTIK BERBAYARPlastikmerupakan salah satu bahan yang hampir selalu digunakan masyarakat untukberbagai hal. plastik merupakan bahan yang sulit terurai.dikarenakan sifatfisik dan kimia yang ada, menjadikan plastik sulit terurai dalam tanah ,meskipuntertimbun bertahun-tahun. dari beberapa fakta yang ada,dijelaskan bahwa plastik baru bisadiuraikan oleh tanah setidaknya setelah tertimbun selama kurang lebih 200hingga 400 tahun.salah satu tindakan penanganansampah plastik di Indonesia hampir sebagian besarnya berujung pada penimbunandi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Seperti kitaketahui, sampah plastik tak hanya berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir)saja,beberapa diantaranya dibuang di laut. Tentunya hal itu,dapat mengancam keberlangsunganekosistem yang yang ada dilaut dan juga kesehatan manusia.

sampah plastik yang terbawake laut,akan lapuk selama 50-400 tahun dan menjadi microplastic,microplastictersebut nantinya akan masuk pada rantai makanan ikan ,lalu akan berlanjut sampaimanusia mengkonsumsi ikan yang telah mnegandung microplastic.bila hal tersebutterjadi ,dapat menimbulkan masalah kesehatan ,seperti kanker. dalam jangkapanjang, akumulasi dari micro-plastic ini bisa berubah menjadi racun yang dapatmenimbulkan penyakit yang serius bagi manusia dan keturunannya (Agus Dermawan ,2017).

            Saatini,sampah telah menjadi permasalahan serius di Indonesia. keberadaannya telahmenggapai kawasan laut,dan volumenya pun kian bertambah banyak. Indonesiamemiliki kawasan yang hampir sebagian besar adalah area laut. Sehingga ketikakeberadaan laut Indonesia terancam,maka hal tersebut juga mengancam kedaulatannegara Indonesia. sampah plastik yang berasal dari daratan dan dibuang ke lautjumlahnya mencapai 80 persen dari total sampah yang ada di laut (Jose Travis,2017).

selain itu, polusi laut akibat sampah plastik ,juga merugikan dari sisi ekonomikarena pendapatan negara dari sektor kelautan juga menurun ( Jose Travis,2017). Untuk itu,Perlu adanya langkah baru untuk dapat mengatasi permasalahanini.dan dirasanya pemerintah harus cepat tanggap .karena hal tersebutberpengaruh terhadap keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Untuk dapat mengantisipasi terjadinya haltersebut,dibutuhkan penangan sampah plastik yang bijaksana. Bila pengelolaansampah hanya dilakukan pada hilirnya,maka sampah plastik terus akan menjadiperkerjaan yang takkan kunjung habis.harus ada upaya untuk meminimalisirpenggunaan plastik pada masyarakat.

Pada tanggal 21februari 2016, Kemen LHK menerapkan ujicoba kebijakan kantong plastik berbayaryang diberlakukan pada APRINDO. Penerapan kebijakan ini sesuai denganUU No.18 Tahun 2008 pasal 19 dan 20. Kebijakan ini juga membantu mendorongmasyarakat untuk bijak dalam penggunaan kantong plastik. Selain itu, KLHK juga mengeluarkan surat edaran Nomor S.1230/PSLB3-PS /2016tentang Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar.

Masyarakatdi kenakan biaya sebesar Rp 200 untuk sebuahkantong plastik. tentunnyaprogram ini dibuat untuk dapat menekan laju penggunaan kantong plastik saatberbelanja. Dengan adanya kebijakan ini,pemerintah dapat mendidikmasayarakat untuk dapat berpola pikir cerdas. walapun harga sebuah kantongplastik Rp 200, tetapi ketahuliah efek yang dapat ditimbulkan .

dengan katalain, kebijakan ini merupakan sebuah kampanye nasional yang mendorongmasyarakat untuk toleransi pada lingkungan.maka dari itu pemerintah optimisdalam menjalankan kebijakan ini,dan hal tersebut juga didukung oleh PresidenJokowi yang juga berusaha untuk menunutaskan masalah sampah nasional. KESIMPULANKebijakan Kantong Plastik Berbayarsudah sepantasnya didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena tujuan daripenerapan kebijakan ini sudah cukup jelas yaitu mengurangi volume timbulansampah yang dapat menyebakan banyak permasalahan serius baru.

pemerintah punberupaya untuk mengubah pola pikir masyarakat tentang toleransinya terhadaplingkungan.dengan dihargainya kantong plastik sebesar Rp. 200, makakeberlangsungan hidup bumi pun akan dihargai selamanya.

Categories: Articles

x

Hi!
I'm Iren!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out